Aplikasi Mobile Untuk Melaporkan Informasi Hoak

Kini ada aplikasi mobile untuk melaporkan informasi, berita atau situs yang menyebarkan hoak atau berita palsu! Sejalan dengan gerakan “Turn Back Hoax” yang baru-baru ini digalakkan di kalangan masyarakat, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) kini menghadirkan fitur pada aplikasinya sehingga masyarakat dapat melaporkan berita fitnah dan hoax.

Kristiono, Ketua Umum Mastel mengatakan fitur ini merupakan hasil dari mekanisme crowdsourcing yang dikembangkannya. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Playstore dan App Store.

“Sebagaimana diungkapkan di situs web Turn Back Hoax, fitur di dalam aplikasi Mastel digunakan untuk melaporkan berbagai informasi hoax, baik lewat situs web, pesan berantai, maupun gambar,” katanya kepada Tim Sbobet Mobile.

Menurutnya, laporan tersebut akan langsung dikirimkan Mastel ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif yang juga nantinya akan menjadi basis pelaporan berita hoax untuk ditindaklanjuti pemerintah.

Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur tersebut juga mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax yang tersebar luas.

“Ayo kita dukung gerakan Turn Back Hoax. Marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih beradab,” pungkas Kristiono.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.